Visi Misi Restoran

by ikhsan38

Agar bisnis restoran berjalan lancar, Anda harus menetapkan visi dan misi restoran sejak awal. Visi misi akan memandu Anda menjalankan bisnis yang tepat. Selain itu, elemen pada restoran seperti penyajian, desain interior dan waiters adalah hal penting yang mendukung keberhasilan visi dan misi restoran.

Definisi Visi Restoran dan Contohnya

Saat menjalankan sebuah organisasi ataupun bisnis, maka harus ditetapkan visi terlebih dahulu. Visi sendiri merupakan gambaran secara luas yang berisi cita-cita, masa depan, ataupun tujuan yang ingin diraih. Dalam menjalankan bisnis restoran, perlu juga ditetapkan visi sebelumnya.

Berikut adalah contoh visi sebuah restoran dengan nama Restoran Bintang yang mengambil tema sebagai restoran keluarga:

Visi Restoran Bintang adalah menciptakan sebuah tempat makan yang akan dikenang oleh para pelanggan karena cita rasa makanan yang lezat serta berbeda, pelayanan ramah, lingkungan yang nyaman serta terasa seperti di rumah sendiri.

Definisi Misi Restoran dan Contohnya

Misi merupakan penjabaran terkait langkah-langkah dan cara yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan sebelumnya. Di dalam misi akan tertera gambaran umum mengenai langkah yang akan diambil agar tujuan dapat diwujudkan.

Berikut adalah contoh misi dari Restoran Bintang yang visinya telah disebutkan sebelumnya:

  1. Membentuk tim yang kokoh dan dapat bekerja secara teratur agar tercipta pelayanan restoran yang maksimal dan profesional
  2. Membentuk etika dalam berbisnis yang baik dengan mengutamakan kejujuran, keramahan, dan profesionalitas
  3. Membentuk atmosfer restoran yang sangat nyaman dan tenang sehingga konsumen akan merasa sedang berada di rumah.
  4. Memastikan agar setiap makanan serta minuman yang disajikan terstandarisasi dengan benar sehingga dihasilkan sajikan yang sehat, segar, nikmat serta bervariasi.
  5. Membangun semangat ekonomi mandiri yang dapat memajukan pertanian lokal

Faktor Penting Mewujudkan Visi Misi Restoran

  1. Waiter dan Waitress Profesional
    Waiters adalah orang yang bertugas untuk menerima pesanan dan melayani para tamu kemudian menyajikan makanan yang dipesan langsung ke meja tamu. Meski terkesan mudah dan sederhana, keberadaan seorang waiters sangatlah signifikan terhadap keberhasilan bisnis restoran.

    Waiters merupakan garda paling depan yang menjadi representasi bagi restoran. Mereka harus memiliki keahlian berkomunikasi yang baik dan kesabaran untuk menghadapi keluhan para pelanggan. Waiters juga harus sigap untuk bergerak dari satu meja ke meja lainnya agar seluruh pelanggan terlayani dengan baik.
     

  2. Kualitas Makanan yang Disajikan
    Kualitas makanan bisa dibilang adalah elemen paling signifikan bagi keberhasilan bisnis restoran. Tentu tidak akan ada konsumen yang mau menghabiskan uangnya di restoran dengan rasa makanan yang tidak enak.

    Anda harus memastikan sejak awal membuka restoran bahwa rasa masakan yang disajikan sangat enak. Hal ini mengingat bahwa orang umumnya tidak akan mau pergi kembali ke restoran dengan rasa masakan tidak enak. 
     

  3. Interior yang Menarik
    Interior yang menarik dari rumah makan sangat menentukan keberhasilan bisnis. Perancangan pada interior tentu sangat bergantung kepada target konsumen bisnis yang dituju. Untuk restoran yang dirancang bagi kawula muda, tentu interior harus dibuat lebih menarik dan lebih eye-catching.

    Biasanya akan dipasang banyak aksesoris dan juga hiasan dinding dengan bentuk kekinian agar menarik banyak pengunjung. Sementara restoran yang ditujukan sebagai restoran keluarga, maka interior umumnya lebih sederhana namun nyaman.

    Seluruh elemen dalam restoran baik itu kualitas makanan, desain, dan waiters adalah elemen penting yang menentukan keberhasilan bisnis penyajian makanan. Seluruh elemen harus saling berkoordinasi agar terbentuk bisnis restoran yang handal dan sukses

Related Posts