Bunga, Salah Satu Bentuk Ungkapan Rasa

by ikhsan38
Bunga

Bunga, merupakan salah satu bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat reproduksi. Bagian tumbuhan ini dikenal sangat cantik dan indah karena digunakan untuk memikat serangga agar menghisap nektar pada dirinya. Ada banyak bentuk dan warna bunga di dunia ini yang begitu menarik mata dan tidak bisa dilewatkan.

Nyatanya dari berbagai bentuk dan warna yang dimilikinya, bunga dapat digunakan sebagai salah satu “alternatif” untuk mengungkapkan sebuah rasa. Ada pepatah mengatakan bahwa sesuatu yang sulit diungkapkan dengan kata-kata, maka ungkapkanlah dengan bunga. Maka tidak heran ketika kita menemukan bunga di berbagai acara yang spesial, seperti wisuda, pernikahan, bahkan kematian. Bunga pun sekarang seperti menjadi suatu simbol atau hal yang wajib ada, ketika dua sejoli sedang kasmaran.

Bahkan jika kita telusuri lebih jauh, setiap bunga mengandung makna tersendiri, yang mungkin saja berbeda dengan bunga yang lainnya. Sehingga setiap bunga memiliki filosofi dan penempatannya masing-masing dalam suatu acara. Dari sini kita dapat mengetahui mengapa bunga anyelir dan kenanga lebih banyak ditemukan di pemakaman, sedangkan bunga melati dan mawar digunakan untuk accessoris saat pernikahan.

Bunga

Ketika digunakan pun, bunga dirangkai menjadi berbagai bentuk dan dihias dengan berbagai pernak-pernik. Seperti bucket bunga, bunga yang dikemas dan ditata dengan kertas wrap dan plastik tembus pandang kemudian diikat dengan pita yang cantik.

Dari berbagai jenis bunga, berbagai perasaan bisa terwakili untuk diungkapkan. Yaitu sebagai berikut :

Sebagai Bentuk Ungkapan Kasih Sayang

Tentu tidak akan heran lagi ketika ada seseorang yang menyatakan cinta, dia akan menggunakan bunga sebagai media untuk mengungkapkannya. Karena bunga dapat disimbolkan sebagai suatu bentuk ungkapan kasih sayang. Jika kita lihat fungsi bunga itu sendiri bagi tumbuhan, dia adalah bagian yang memastikan bahwa tumbuhan tersebut akan dapat terus berkembang biak, melalui proses penyerbukan. Hal ini merupakan suatu bentuk kasih sayang, agar kehidupan pada tumbuhan tersebut terus berjalan.

Selain itu, kasih sayang adalah suatu hal yang indah. Sehingga sesuai dengan bentuk dan warna dari bunga. Untuk itu, untuk kamu yang ingin mengungkapkan perasaan, kamu bisa kok menggunakan bunga jika masih malu-malu untuk mengatakannya.

Contoh bunga yang dapat digunakan sebagai ungkapan kasih sayang adalah bunga mawar, tulip, lily, dan masih banyak lagi.

 

Sebagai Bentuk Kepedulian

Bunga yang indah, pertanda bunga tersebut sangat dirawat dan diperhatikan. Sehingga hal ini akan cocok apabila bunga digunakan sebagai simbol untuk menyatakan kepedulian. Seseorang yang memberikanmu bunga, pertanda dia sedang memperhatikan dan mempedulikanmu. Sehingga tugasmu selanjutnya adalah merawat kepedulian tersebut dengan berbagai hal yang baik.

Contoh bunga yang dapat menunjukkan rasa kepedulian adalah bunga matahari. Bunga matahari ini melambangkan kepedulian, yang diwujudkan dengan harapan-harapan baik yang disemogakan terwujud untuk masa depan. Selain itu bunga matahari juga melambangkan kesetiaan dan kebahagiaan.

 

Sebagai Bentuk Suatu Ikatan dan Cinta

Karena sebagai suatu bagian yang menjalankan fungsi reproduksi pada tumbuhan, bunga melambangkan ikatan dan perasaan cinta, dari induk tumbuhan kepada bakal buah ataupun bakal biji dari tumbuhan tersebut. Sehingga dengan bunga kita bisa mengungkapkan suatu perasaan cinta ataupun menunjukkan ikatan yang sedang dan ingin kita miliki kepada penerima bunga.

Salah satu bunga yang melambangkan ikatan dan cinta adalah bunga anggrek. Bunga anggrek melambangkan suatu ikatan yang saling menjaga dan takut kehilangan

.

Ungkapan Kesedihan yang Mendalam

Selain melambangkan kebahagiaan, bunga juga dapat digunakan untuk mengungkapkan kesedihan yang mendalam. Sehingga banyak kita temui karangan bunga ketika ada kematian atau duka cita. Karena bunga merupakan bagian yang indah dari tumbuhan, tetapi mudah layu dan mati. Dari sanalah bunga dapat melambangkan kematian dan kesedihan.

Salah satu bunga yang melambangkan kesedihan yang mendalam adalah bunga anyelir, kenanga, dan bakung putih.

Sumber: https://www.aliciaflorist.com/toko-bunga-pare-pare/