Simpel, Ini Cara Buat Cat Glow In The Dark Sendiri dengan Bubuk Fosfor

by ikhsan38
cat glow in the dark

Berencana menghias dinding ruangan dengan cat yang mengkilap seperti cat glow in the dark? Namun, terkendala dengan harga cat yang relatif mahal? Tidak perlu risau, Anda bisa menyiasatinya dengan membuatnya sendiri. 

Untuk membuat cat glow in the dark ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Penasaran seperti apa? Cara buat cat glow in the dark sendiri ini bisa dilakukan dengan menggunakan bubuk fosfor.

 

Cara Buat Cat Glow In The Dark Sendiri dengan Bubuk Fosfor

cat glow in the dark

Membuat ruangan nampak berpendar tidak harus dilakukan dengan menggunakan cat glow in the dark yang telah dijual di toko-toko cat. Kendati demikian, Anda juga dapat membuatnya sendiri. Simak cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat cat glow in the dark menggunakan bubuk fosfor.

Menyiapkan Bubuk Fosfor 

Dengan menggunakan bubuk fosfor dapat menjadikan cahaya dalam kegelapan di sebuah ruangan dapat berpendar dengan baik. Bubuk ini memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap cahaya. Sehingga, bubuk ini banyak digunakan sebagai komponen glow in the dark yang mampu bertahan dalam waktu lama.

Bubuk fosfor ini biasanya banyak dijual di toko cat atau toko bangunan. Bubuk fosfor tersedia dalam berbagai ukuran. Apabila memilih ukuran yang besar, akan didapatkan kemampuan memendarkan cahaya yang relatif lama dibandingkan ukuran yang lebih kecil.

Namun, sayangnya partikel bubuk yang berukuran besar akan menampakkan tekstur yang kasar pada permukaan dinding. Sedangkan, partikel yang lebih kecil akan menampakkan dinding lebih halus. Akan tetapi, memang waktu berpendarnya lebih singkat dibandingkan menggunakan partikel besar.

Menyiapkan Cat Dinding

Setelah langkah pertama dilakukan, kemudian Anda harus menyiapkan cat dinding. Dalam hal ini perlu dipertimbangkan baik-baik sebelum memilih cat dinding yang akan digunakan. Pertimbangan yang dimaksud antara lain warna dan kualitas cat dinding. 

Alangkah lebih baik jika warna cat disesuaikan dengan keinginan Anda. Jika Anda tidak ingin mengubah warna cat sebelumnya, pilih warna cat yang transparan. 

Hal yang penting dilakukan juga yaitu memastikan produk cat yang dipilih bisa membaur ketika dicampurkan dengan bubuk fosfor. Anda dapat memeriksa terlebih dahulu pada keterangan kemasan produk cat.

Membuat Campuran Cat Dinding dengan Bubuk Fosfor Glow In The Dark

Dalam membuat campuran cat dinding dengan bubuk glow in the dark dari bahan fosfor harus sesuai dengan perbandingan yang telah ditentukan. Perbandingan dalam mencampur kedua bahan ini kurang lebih per 1 bagian bubuk glow in the dark digunakan untuk 5 bagian cat dinding. Atau jika dipersentasekan bubuk yang digunakan sekitar 20% dari volume cat dinding.

Pencampuran kedua bahan tersebut dilakukan pada ember atau wadah yang bersih. Hal ini bertujuan agar tidak ada partikel lain yang ikut tercampur. Campuran tersebut harus diaduk sampai rata, supaya hasil pengaplikasian pada dinding nantinya akan bagus.

Mengaplikasikan Cat Glow In The Dark pada Permukaan Dinding

Setelah cat dinding dan bubuk fosfor berhasil tercampur dengan rata, maka cat glow in the dark siap diaplikasikan pada dinding ruangan. Pengaplikasian dilakukan secara tipis-tipis dan perlahan-lahan. Tujuannya supaya hasil yang diperoleh akan memiliki kemampuan yang baik dalam memendarkan cahaya.

 

Cara buat cat glow in the dark sendiri di atas cukup sederhana, bukan? Dengan menggunakan bubuk fosfor yang mudah diperoleh, Anda sudah bisa membuat cat glow in the dark dengan biaya yang relatif murah dibandingkan dengan membelinya. Bicara mengenai kualitas, cat buatan sendiri tersebut tidak berbeda jauh dengan produksi pabrik lho.

Related Posts