Mengenal Karakteristik Cat Interior Glossy dan Semi Glossy

by ikhsan38
cat interior glossy

Bagi Anda yang masih awam, Anda mungkin hanya mengenal dua jenis cat saja yakni cat air dan cat minyak. Ketidaktahuan mengenai jenis-jenis cat sebenarnya dapat berakibat hasil cat yang tidak maksimal bahkan cepat luntur.

Sebenarnya, ada berbagai jenis cat yang tersedia di pasaran. Jenis cat dibedakan berdasarkan karakteristik hasil yang diberikan hingga peruntukannya. Berdasarkan hasil akhir yang diperoleh, jenis cat dapat dibedakan menjadi cat semi glossy dan cat interior glossy.

Mengenal Jenis Cat untuk Interior

Sebelum kita membahas mengenai cat interior glossy dan cat semi glossy, Anda perlu mengenal cat untuk interior terlebih dahulu. Secara umum, jenis cat dibedakan menjadi dua yakni cat eksterior dan interior. Cat interior adalah cat yang lebih ditujukan untuk penggunaan dalam ruangan.

Berbeda dengan cat eksterior, cat interior tidak perlu didesain bersifat tahan terhadap cuaca, mengingat penggunaannya tidak terpapar langsung dengan hujan dan sinar matahari. Jenis cat interior lebih mengutamakan keindahan serta kehalusan hasil akhir catnya.

Jenis cat interior umumnya didesain mudah dibersihkan menggunakan lap ataupun sikat apabila terdapat kotoran dan noda. Hal ini bertujuan agar bagian dalam rumah tidak perlu terlalu sering dicat terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil dan sedang senang-senangnya mencoret-coret dinding rumah.

Cat interior umumnya menggunakan bahan dasar berupa air atau water based. Cat berjenis water based artinya cat tersebut menggunakan pelarut berupa air. Ada dua jenis cat berbahan dasar air yakni jenis semi kilap dan doff. Cat semi kilap memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis cat lain.

Jenis Cat Berdasarkan Karakteristiknya

1. Cat Interior Glossy

Cat berjenis glossy memiliki sifat utama dapat memantulkan cahaya dengan maksimal. Sehingga hasil akhir yang diberikan oleh cat glossy pada tembok lebih berkilau.

Cat ini juga dikenal sebagai cat high gloss dan cocok diaplikasikan untuk bagian luar bangunan karena dapat memberikan efek mengkilap saat terpapar sinar matahari. Cat berjenis glossy akan memberikan kesan ruangan yang elegan dan tampak mewah.

Meski begitu, cat ini juga bisa Anda aplikasikan ke dalam ruangan jika menginginkan tampilan ruangan mengkilap dan mudah dibersihkan. Cat ini cocok Anda gunakan pada dinding ruangan yang sering terkena cipratan noda ataupun coretan anak-anak seperti dapur dan kamar anak.

cat interior glossy

2. Cat Interior Semi Glossy

Apabila Anda menginginkan efek mengkilap pada ruangan interior namun dengan efek pantulan cahaya yang lebih rendah, maka Anda bisa memilih cat interior semi glossy. Cat interior semi glossy mempunyai tingkat kilapan yang lebih rendah karena efek pantulan tidak sebesar cat glossy.

Kelebihan cat berjenis semi glossy adalah cat ini tidak mudah untuk mengelupas sehingga lebih tahan lama. Sama seperti cat berjenis glossy, cat berjenis semi glossy juga sangat mudah untuk dibersihkan dari debu dan noda. Selain itu, cat semi glossy juga sangat tahan dengan air.

Oleh karena itu cat berjenis semi glossy cocok diaplikasikan untuk bagian kamar mandi, dapur hingga kamar anak-anak yang senang mencoret-coret tembok. Kelebihan lain dari cat interior semi glossy adalah dapat bekerja sebagai penutup plesteran untuk mencegah tembok tampak bolong-bolong dan tidak rata.

Terlepas dari jenis cat yang Anda pilih, apakah cat interior glossy atau cat interior semi glossy, keduanya sama-sama dapat memberikan efek pantulan ke dalam ruangan. Meski harga cat ini umumnya lebih mahal dibanding cat biasa, tapi cat ini tahan lama dan dapat dibersihkan berulang kali sehingga lebih murah.

Related Posts