Pengertian Gurindam, Ciri & Jenisnya

by ikhsan38

Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gurindam. Apa sih gurindam itu? Mungkin banyak diantara kita yang belum banyak mengetahui tentang gurindam. Gurindam itu adalah salah satu jenis puisi melayu lama.

Nah untuk mengetahui jelasnya langsung saja kita bahas penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Gurindam, Ciri & Jenisnya

Berikut penjelasan mengenai gurindam, beserta dengan ciri dan juga jenisnya:

Pengertian Gurindam

Gurindam merupakan salah satu jenis puisi melayu lama yang terdiri dari dua baris dalam satu baitnya. Adapun dalam baris pertama merupakan sesuatu yang menyatakan tentang perbuatan sedangkan baris kedua adalah akibat dari perbuatan yang dinyatakan dalam baris pertama.

Adapun Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gurindam merupakan bentuk puisi lama yang bersajak dua baris dan berisi nasihat – nasihat. Seperti contoh baik – baik dalam memilih teman, dan lain sebagainya. Gurindam sendiri bertujuan untuk menghibur dan juga sebagai sarana pendidikan.

Ciri – Ciri Gurindam

Sama halnya dengan jenis karya sastra lainnya, gurindam juga memiliki ciri tersendiri, adapun ciri dari gurindam diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gurindam terdiri dari dua sajak atau baris dalam setiap baitnya
  • Memiliki rima yang berpola a-a
  • Pada baris pertama dalam gurindam merupakan sebab atau perbuatan dan baris kedua berisi akibat
  • Gurindam biasanya berisi nasihat dan sifatnya mendidik
  • Akan lebih sempurna lagi apabila gurindam terdiri dari dua baris saja.

Jenis – Jenis Gurindam

Ada beberapa jenis dalam gurindam, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gurindam Berangkai

Gurindam jenis berangkai ini merupakan gurindam yang diawali dengan kata yang sama pada baris pertama di setiap baitnya. Seperti contohnya adalah

Mencari ilmu wajib tanpa alasan
Mencari harta wajib tanpa mengenal lelah.

2. Gurindam Berkait

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/

Gurindam berkait merupakan jenis gurindam yang mana antara bait pertama dengan bait selanjutnya itu memiliki keterkaitan dan hubungan. Adapun contoh dari jenis gurindam berkait ini adalah sebagai berikut:

Apabila aktif berorganisasi
Jadilah mahasiswa berprestasi

Nah itulah penjelasan singkat yang dapat kami tulis mengenai Pengertian Gurindam, ciri & Jenisnya pada kesempatan kali ini, apabila ada kesalahan dalam menulis mohon dimaklumi. Semoga dapat bermanfaat yaa. Terimakasih 🙂

Related Posts