Macam-macam Pendidikan Non Formal

by ikhsan38

Pendidikan merupakan hal penting yang akan menunjang kemajuan suatu negara. Semakin tinggi tingkatannya maka kemungkinan menjadi sebuah negara maju akan lebih besar. Untuk itu pemerintah mengatakan pembelajaran, salah satunya dengan macam-macam pendidikan non formal yang tentunya memiliki peran penting dalam kehidupan.

Macam-macam Pendidikan Non Formal

Pendidikan nonformal sendiri adalah jalur pembelajaran yang bertujuan untuk mengganti atau menambah dan melengkapi pendidikan formal. Biasanya jenis ini diarahkan pada lembaga khusus berpedoman pada standar nasional, berikut beberapa diantaranya:

Kelompok Belajar

Merupakan sekelompok orang yang yang saling bertukar pengalaman satu sama lain. Tujuannya Untuk meningkatkan pengetahuan individu, biasanya akan didatangkan ahli dalam bidangnya. Terkait biaya, tergantung dengan kesepakatan, karena dari sekian banyak ada yang berbayar dan tidak.

Lembaga Kursus dan Pelatihan

Jenis ini dibentuk oleh sekelompok masyarakat atau komunitas tertentu untuk memberikan pengetahuan terkait suatu bidang, dalam kelas ini dihadirkan seorang yang ahli dalam bidangnya. Misalnya saja lembaga kursus memasak, menjahit, kerajinan tangan, desain grafis, dan sebagainya.

Majlis Ta’lim

Macam-macam pendidikan non formal selanjutnya adalah majlis ta’lim yang bergerak dalam bidang keagamaan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh sekelompok masyarakat dalam suatu lingkungan untuk meningkatkan pengetahuan keislaman misalnya ibadah, dan sebagainya.

Homeschooling

Merupakan sebuah lembaga non formal yang melibatkan orang tua atau keluarga sebagai penanggung jawab utama. Biasanya program ini diambil karena anak memiliki kesibukan atau mengalami keadaan tertentu sehingga mengharuskan menempuh pendidikan di rumah, salah satunya adalah artis.

Satuan Pendidikan Sejenis

Program ini dibentuk untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait suatu hal yang lebih luas dan memerlukan landasan hukum, sehingga pendiriannya tidak boleh sembarangan. Contohnya adalah balai latihan penyuluhan, sanggar kesenian, padepokan pencak silat, pra sekolah, dan sebagainya.

Itulah penjelasan singkat terkait macam-macam pendidikan non formal yang berkembang di Indonesia, dan masih banyak diikuti hingga kini. Hal tersebut diadakan untuk tujuan mengembangkan bakat dan minat masyarakat terkhusus kaum muda agar memiliki keahlian selain pada pengetahuan umum.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/

Related Posts