Resep Bobor Kangkung yang Enak dan Sehat

by ikhsan38

Selain ditumis sayur kangkung bisa dibuat bobor. Resep bobor kangkung sering kali ditemukan di warung masakan jawa. Yuk buat sendiri dirumah.

Sayur Kangkung

Kangkung banyak yang diolah menjadi beragam lauk yang enak. Yang diberi kuah santan lalu bisa diberi tambahan sambal yang pedas. Kangkung sendiri adalah sayuran yang murah harganya, dan juga mudah untuk didapatkan dan cukup pula mudah untuk diolah menjadi beragam makanan. 

Sayuran khas Asia ini sangat populer di negara Vietnam, Kamboja,Thailand. dan juga China, Sayuran ini akan dirasakan enak dan segar dengan tekstur yang renyah. Sayuran yang banyak tumbuh di rawa-rawa ini katanya dikenal sejak masa-masa zaman dahulu. Selain berada di tepian sawah, sayur kangkung banyak yang di hidroponik ataupun air.

Cara penanamannya juga sangat mudah di daerah yang rendah. Kangkung yang biasa dijual di pasar terdapat dua jenis, kangkung sawah biasanya daunnya lebar tebal dan mempunyai yang batang besar. terdapat juga sayur kangkung cabut yang ditanamnya hidroponik.

Batangnya yang pendek dan kecil dan daunnya yang kecil runcing. Keduanya sama lezatnya saat diolah menjadi masakan. Saat membeli perhatikanlah ikatan kangkungnya. Pilih yang batangnya tidak terlalu besar dan daunnya yang masih lembut.

Kangkung cabut yang batangnya besar berarti kangkung itu sudah terlalu tua ataupun lama ditanam. Biasanya rasanya keras atau alot.

Selain ditumis, kangkung juga apabila dibuat sebagai sayur bobor. Sayuran yang berkuah santan ini banyak ditemukan di Jawa Tengah. Kalau ingin yang lebih menantang juga bisa bikin sambal kangkung ala Lombok. 

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti banyak yang menyebutkan sebelumnya, sayur kangkung memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin ini banyak dibutuhkan dalam penjagaan kesehatan mata dan juga mencegah terjadinya sakit mata. Vitamin A akan melindungi lapisan mata dan dari infeksi virus dan juga bakteri.

Salah satu penyakit yang bisa kita hindari dari mengonsumsi kangkung adalah sakit katarak. Selain itu juga kangkung akan membantu meningkatkan produksi cairan dalam pencegahan dari mata kering.

2. Mencegah Anemia

Banyak yang mengatakan bahwa makan kangkung malah akan jadi lemas. Sebaiknya kalian mencoba cek lagi kandungan yang ada di dalam sayur kangkung. Sayuran hijau ini memiliki kandungan fosfor dan zat besi yang ada di dalamnya.

Kandungan ini dapat merangsang produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Dengan itu maka bisa terhindar dari penyakit anemia. Mengonsumsinya pun akan bisa membuat kamu tidak lemas dan lesu di dalam menjalankan aktivitas.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C yang ada di dalam sayur kangkung sangat jelas akan membuat tubuh kamu menjadi hidup lebih sehat. Kandungan ini bisa membantu mendongkrak sistem imun yang ada di dalam tubuh supaya tidak dengan mudahnya terserang penyakit. Jika kalian banyak mengkonsumsi kangkung maka bisa membuat lebih kebal dalam penyerangan penyakit flu musiman atau bersin disaat pagi hari.

Tidak hanya penyakit musiman saja, akan tetapi vitamin C yang diserap tubuh dapat meningkatkan kekebalan sel supaya dengan tidak mudahnya rusak. Maka dari itu, bisa saja terhindar dari penyakit yang mematikan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

4. Meningkatkan Kerja Otak

Sayur kangkung banyak yang menyarankan dikonsumsi oleh segala umur dikarenakan manfaatnya yang sangat baik untuk otak. Jika pada anak-anak, kangkung bisa membantu pada perkembangan otak. Di sisi lain, orang yang lebih tua pun butuh kangkung dalam menjaga kerja otak tetap stabil dan menghindari pikun.

5. Menyehatkan Jantung

Sebagai sayuran hijau, kangkung mempunyai kandungan antioksidan yang begitu tinggi. Kandungan inilah yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, bahkan zat ini mampu mencegah dalam penyumbatan aliran darah ke jantung. 

Jika kalian mengkonsumsi sayur kangkung maka akan menurunkan risiko penyakit jantung dan juga melancarkan aliran darah. Asam folat yang terdapat dalam sayur kangkung juga bisa mencegah sakit stroke.

6. Mencegah Dehidrasi

Kandungan mineral yang ada di dalam kangkung dapat mencegah dari kekurangan cairan tubuh dan juga dehidrasi. Natrium dan kalium di dalamnya bisa menjaga keseimbangan cairan dan juga kadar elektrolit yang ada di tubuh kita.

7. Mencegah Diabetes

Ada seorang peneliti yang menyebutkan bahwa kangkung ini bisa mencegah sakit diabetes. Sayur kangkung pun akan menjadi pilihan yang terbaik untuk mereka yang mempunyai penyakit diabetes. 

Resep Bobor Kangkung

Bahan-bahan :

  • 1 ikat kangkung
  • Bawang merah 
  • bawang putih
  • 3-4 butir kemiri
  • Ketumbar
  • 1-2 cm kencur
  • 2 cm kunir
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2-3 lembar daun salam
  • 3cm lengkuas (di geprek)
  • Garam secukupnya
  • Secukupnya penyedap rasa
  • 1 butir gula merah
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Santan dari kelapa yang batoknya dikupas menggunakan mesin pengupas batok kelapa

Cara Membuat Resep Bobor Kangkung :

  1. Potonglah kangkung kemudian dicuci bersih atau rendam pakai garam supaya kotoran-kotoran yang menempel bisa hilang kemudian dicuci sampai bersih
  2. Haluskan semua bumbu
  3. Kemudian panaskan minyak goreng, lalu tumislah bumbu halusnya,lalu tambahkan pula lengkuas dan daun salam, lalu masukkan gula merah dan garam. kemudian tumislah sampai harum.
  4. Lalu masukan santan dan kangkung, kemudian dibiarkan ditunggu hingga kangkung layu dan air mendidih.
  5. Setelah mendidih tambahkan penyedap rasa juga. lalu dicicipi rasanya bagaimana. Jika sudah pas, tunggu sampai mendidih. Kemudian langsung matikan kompor dan bobor kangkung siap dinikmati.

Demikian pembahasan mengenai resep bobor kangkung yang enak dan sehat. Semoga bermanfaat.

Related Posts