Cara Membuat Keripik Buah Apel yang Enak dan Bermanfaat

by ikhsan38

Keripik apel merupakan keripik hasil dari pengolahan buah apel yang digoreng menggunakan cara khusus. Apabila menggunakan cara penggorengan yang biasa yaitu dengan memakai wajan, maka buah apel tak akan menjadi keripik sebab buah bisa rusak akibat terkena suhu panas yang berlebih. Buah apel bisa digoreng dengan mesin khusus atau bisa juga di oven dengan suhu yang lebih rendah antara 50° sampai 60 °C sehingga tak merusak buah apel tersebut.

Cara Membuat Keripik Buah Apel

Bahan-bahan

  • Apel Malang 4 buah
  • Air lemon 50 ml
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Kayu manis 1 sendok teh

Cara Membuat

  1. Pertama kupas kulit buah apel segar memakai pisau atau dengan alat pemotong buah dan sayur supaya lebih praktis. Kemudian campur dalam satu wadah bahan seperti kayu manis serta gula pasir.
  2. Siapkan wadah yang berisikan air lemon dan rendam apel ke dalamnya. Lalu tiriskan dan guling-guling ke campuran gula pasir dan juga kayu manis.
  3. Kemudian masukkan irisan apel kedalam mesin penggorengan khusus selama 1 jam agar memperoleh hasil yang lebih baik.
  4. Jika sudah angkatlah keripik apel yang sudah di goreng lalu tiriskan. Supaya hasil penirisan lebih baik, bisa memakai mesin peniris minyak.
  5. Setelah itu, dinginkan keripik apel hingga sama dengan suhu ruangan.
  6. Keripik apel sudah jadi dan siap disajikan
  7. Supaya kerenyahannya tetap terjaga simpanlah keripik apel di tempat yang kedap udara.

Manfaat Keripik Buah Apel

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat keripik apel yang pertama yakni bisa membantu melancarkan pencernaan. Kandungan kalori yang terdapat di dalamnya bisa berguna dalam menunjang serta melancarkan pencernaan sehingga bisa terhindar dari gangguan pencernaan.

2. Mendukung Perkembangan Otak

Manfaat  yang kedua dari keripik apel yakni mampu mendukung perkembangan otak. Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat di dalamnya berguna dalam mendukung perkembangan serta fungsi otak supaya dapat bekerja dengan baik. Maka dari itu, Anda dapat mengkonsumsinya untuk mendukung perkembangan otak Anda.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang mudah yakni rutin mengkonsumsi keripik apel. Kandungan yang terdapat dalam keripik ini terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah terjangkit oleh bakteri, kuman dan parasit yang masuk ke dalam tubuh.

4. Mengontrol Berat Badan

Apabila saat ini Anda mengalami masalah yang disebabkan kelebihan berat badan maka Anda dapat menyantap keripik apel ini sebagai solusi dalam mengontrol berat badan. Kandungan kalori yang tergolong rendah pada makanan ini sangat berperan penting dalam mengontrol berat badan sehingga Anda tak akan kelebihan berat badan dan berat badan Anda akan stabil.

5. Menunjang Aktivitas Tubuh

Menyantap keripik apel juga sangat bermanfaat dalam menunjang aktivitas tubuh. Kandungan protein yang terdapat di dalamnya dapat menunjang aktivitas dalam tubuh sehingga tubuh Anda tak mudah merasa lelah. Jadi aktifitas Anda tak akan terganggu.

6. Mencegah Liver

Liver adalah penyakit kerusakan pada fungsi hati. Cara mencegahnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi keripik apel. Kandungan yang terdapat dalam makanan ini dianggap bisa mencegah timbulnya penyakit liver. Maka dari itu itu, Anda dapat mengkonsumsinya.

 

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

Related Posts