Sumber Daya Alam Negara Indonesia

by ikhsan38
kekayaan alam indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai sumber daya alam yang beragam. yang tentunya dapat di manfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber daya alam sendiri dibagi menjadi dua ada yang non hayati dan hayati, yang tentunya kedua sumber daya alam tersebut sangat bermanfaat dan berperan penting untuk menunjang kehidupan manusia sehari hari.

kekayaan alam indonesia

Salah satunya sumber daya alam hayati adalah hewan, yang bisa dijadikan makanan oleh manusia yang bernutrisi tinggi, sedangkan yang non hayati adalah batu bara dan emas yang dapat kita olah untuk dijual dan dijadikan perhiasan sehingga memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Sumber daya alam hayati sendiri adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup misalnya tumbuhan, hewan dan lainnya.

Sumber daya alam hayati sendiri umunya dapat diperbaharui yang tentunya masyarakat tidak perlu khawatir asalkan ekosistem dan alam kita bersih. Sehingga dapat di gunakan untuk memperbaharui sumber daya alam  hayati

Maka dari itu kita harus selalu bersyukur hidup di Indonesia. Nah untuk cara bersyukurnya kamu bisa menjaga dan merawat kekayaan alam yang ada dengan baik, tidak mengambil kekayaan alam secara berlebihan atau menjaga ekosistem yanga da di sekitar lingkungan sumber daya alam.

Sehingga dengan menjaga dan merawat sumber daya alam dengan baik. Kelak generasi yang akan datang juga bisa mengambilnya dan memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kamu juga dapat membaca berbagai informasi di website alam alami untuk menambah pengetahuan kamu mengenai lingkungan alam, hutan dan lainnya.

Berikut Berbagai Sumber Daya Alam Yang Ada Di Indonesia

  1. Emas

Yang pertama jelas sumber daya alam emas. emas sendiri cukup banyak ada di daerah kalimantan dan papua. biasany emas akan di olah terlebih dahulu menjadi perhiasan, sehingga dapat di jual dengan harga yang cukup tinggi.

selain itu emas juga bisa dijual secara langsung akan tetapi harga cukup rendah. wilayah papua sendiri merupakan salah satu wilayah yang cukup terkenal dengan kekayaan sumber daya alam emasnya.

2. Pertanian dan Perkebunan

Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat luas. Maka dari itu kita memiliki sumber daya alam pada sektor pertanian dan perkebunan. dengan memanfaatkan lahan yang kosong kamu bisa menanami berbagai tumbuhan komuditi yang memiliki harga jual cukup tinggi misalnya sektor pertanian sendiri menghasilkan beberapa produk seperti padi, jagung, ketela, kentang dan lainnya.

Untuk sektor perkebunan sendiri menghasilkan kelapa sawit, tembakau, biji kopi dan lainnya. maka dari itu pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama untuk memanfaatkan kekayaan alam pada sektor ini untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan pendapat ekonomi negara.

3. Batu Bara

Sumber daya alam batu bara sendiri dapat kita temukan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Namun kita sebagai manusia harus selalu bijak untuk mengambil kekayaan alam batu bara ini karena batu bara sendiri kekayaan alam yang tidak dapat diperbaharui.

Biasanya batu bara digunakan untuk bahan bakar berbentuk cair dan juga membantu produksi industri semen. Tetapi kamu harus selalu memperhatikan lingkungan sekitarnya sebelum mengambil sehingga tidak merusak ekosistem dan lingkungan sekitar.

nah itu dia penjelasan singkat saya mengenai beberapa kekayaan alam yang ada di indonesia semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya.