Pekerjaan IT – Desktop Support

by ikhsan38

Profesi ini adalah orang yang mendukung dan membantu user sekaligus menangani jaringan komputer. Mereka bertanggung jawab untuk membantu user memecahkan masalah baik masalah perangkat lunak dan ataupun perangkat keras yang mungkin mereka alami dengan sistem mereka. Pekerjaan ini membutuhkan kesabaran, karena Anda mungkin harus membantu banyak orang setiap hari. Selain itu, diperlukan profesionalisme karena Anda harus membantu pelanggan dengan cara yang tidak membuat mereka merasa diremehkan atau diintimidasi.

Apa yang dilakukan desktop support sehari-hari? Bagaimana seseorang bisa menjadi salah satu dari profesional dalam bidang karir ini? Banyak perusahaan mencari kandidat pekerjaan jenis ini, apa yang diharapkan dari pekerjaan Anda, berikut penjelasannya.

Anda akan membutuhkan keterampilan komunikasi yang solid untuk dapat bekerja dengan baik dengan semua orang, dari manajemen tingkat atas hingga pengguna atau user.

Selain itu, Anda akan memerlukan keterampilan pemecahan masalah yang baik karena ada banyak jenis masalah dan masalah yang mungkin muncul dalam pekerjaan Anda sehari-hari.

Anda harus terbiasa dengan berbagai program perangkat lunak komputer seperti Microsoft Office, Word, Excel, dan Outlook.

Anda juga harus terbiasa dengan perangkat keras seperti printer, hard drive, chip memori, dan komponen lain yang mungkin tidak berfungsi atau rusak.

Anda harus secara rutin bekerja di komputer secara langsung maupun dari jarak jauh. Ingatlah bahwa Anda akan bekerja secara langsung dengan user atau pengguna, jadi keterampilan komunikasi Anda sangat penting. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah yang dibawa user kepada Anda, Anda harus mengeskalasinya ke seseorang yang lebih tinggi di organisasi Anda. Komunikasi jarak jauh sangat penting di sini karena kemungkinan besar Anda akan bekerja dengan orang-orang yang mungkin tidak berada di area yang sama dengan Anda secara fisik.

Anda akan memerlukan gelar sarjana dalam ilmu komputer atau teknologi informasi bersama dengan sejumlah sertifikasi. Ini berarti Anda harus bersedia meluangkan banyak waktu dan usaha untuk pendidikan Anda.

Menjadi spesialis dalam bidang ini mungkin bukan pekerjaan yang sempurna untuk Anda kecuali Anda ingin naik level di organisasi Anda. Meskipun ada banyak hal yang harus dilakukan sehari-hari, kemungkinan besar Anda perlu memiliki lebih banyak pengetahuan daripada sekadar cara menyelesaikan masalah yang mungkin muncul. Anda harus terbiasa dengan anggaran dan mungkin belajar bagaimana bekerja dengan infrastruktur jaringan perusahaan.

Sebagian besar pekerja profesi desktop support menghasilkan gaji rata-rata 6 juta rupiah per bulan dan jika Anda betah sampai menjadi senior mungkin akan mendapatkan jauh lebih tinggi. Ada beberapa orang yang telah mencapai posisi manajemen tingkat atas yang berpenghasilan mendekati 20 juta per bulan. Prospek karir ini sangat positif untuk beberapa tahun ke depan dan di atas rata-rata dalam hal pertumbuhan kebutuhan pekerjaan.

Tertarik untuk menggeluti profesi desktop support? Jangan khawatir, banyak sekali lowongan pekerjaan IT yang mencantumkan kebutuhan desktop support, Anda hanya perlu mencarinya dan mencoba untuk melamar, apalagi kalau Anda mempunyai keahlian dan pengalaman dalam bidang ini.