Penyebab Kifosis

by ikhsan38

Kifosis adalah kelainan tulang belakang dimana tulang belakang seseorang mengalami kelengkungan antara 25 – 45 derajat. Sebagian penderita kifosis tak memiliki masalah apapun dengan kelainannya dan juga tak membutuhkan pertolongan medis. Namun dalam kasus yang parah, kifosis dapat berbahaya karena dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah serius seperti syaraf terjepit, sakit punggung, masalah fungsi organ, sampai kesulitan ketika bernafas.

Normalnya tulang belakang relatif lurus atau setidaknya memiliki kelengkungan yang normal. Tulang belakang sendiri terdiri atas tulang-tulang yang berbentuk silinder yang tersusun atas belasan bagian yang tersambung dengan sendi. Kifosis terjadi ketika bentuk tulang belakang diluar batas kenormalan. Kifosis sendiri disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

Osteoporosis

Osteoporosis adalah masalah tulang dimana tulang mengalami pengeroposan sehingga tulang tak lagi sekuat tulang normal. Ini terjadi akibat tulang menjadi faktur yang disebabkan oleh kompresi pada tulang belakang. Osteoporosis terjadi biasanya pada orang yang telah berusia lanjut, orang yang sering mengkonsumsi kortikosteroid dalam jangka panjang dengan dosis tinggi, dan lebih sering dialami oleh wanita.

 

Degenerasi Diskus

Diskus adalah bagian penyambung ruas tulang belakang. Ini adalah bagian yang sering mengalami kompresi ketika kita melakukan aktivitas. Dengan bertambahnya usia maka bagian ini akan mengalami degenerasi sehingga menjadi semakin kering, mengecil dan rapuh sehingga kondisi kifosis semakin buruk.

 

Cacat Bawaan

Jika seorang bayi tidak tumbuh secara sempurna di dalam rahim maka kemungkinan bagian tulang belakangnya juga tidak akan tumbuh dengan baik. Inilah yang menyebabkan kifosis.

 

Terdapat Sindrom

Beberapa sindrom diketahui dapat menyebabkan seseorang mengalami kifosis, diantaranya seperti sindrom Marfan atau sindrom Prader-willi. Ini biasanya terjadi pada usia anak-anak.

 

Kanker dan Pengobatan Kanker

Jika seseorang yang mengidap kanker maka tubuhnya akan semakin lemah termasuk pada bagian tulang belakang. Tulang belakang akan menjadi rentan mengalami fraktur akibat kompresi. Selain itu pengobatan kanker juga bisa menyebabkan seseorang menjadi kifosis. Hal ini terjadi akibat radiasi yang ditimbulkan untuk menyembuhkan kanker yang diderita penderita.

Related Posts