Tips Memilih Jenis Stiker yang Tepat

by ikhsan38

Jika anda akan bikin stiker apa di cetak online, anda setidaknya harus bisa memahami faktor apa saja yang harus menjadi bahan pertimbangan pada saat akan memilih stiker. Sehingga nantinya pemesanan yang anda lakukan akan sesuai dengan hasil yang diharapkan dan sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan ketika memilih jenis stiker sesuai dengan kebutuhan anda.

Pemakaian Indoor atau Outdoor

Yang harus menjadi pertimbangan pertama anda adalah dimana lokasi penempatan stiker. Apakah stiker nantinya akan banyak ada di dalam ruangan atau justru di luar ruangan. Hal ini tentu saja akan menentukan jenis stiker yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Seperti yang diketahui, jika ada beberapa jenis dari stiker yang tidak terlalu tahan untuk diletakkan diluar ruangan. Salah satunya adalah stiker HVS, namun jika anda ingin meletakkan stiker di luar ruangan maka pilihannya anda bisa menggunakan Vinyl, Oracal atau Scotchlite. 

Pertimbangkan Lama Waktu Pemasangan

Faktor lain yang harus dipertimbangkan anda adalah lama waktu pemasangannya. Apakah stiker ini harus bertahan dalam waktu yang lama atau lama waktunya tidak dipermasalahkan. Hal ini karena ada beberapa jenis dari stiker yang sebenarnya lebih cepat mudah dan ada juga stiker yang memiliki ketahanan warna yang baik sehingga bisa terjaga dalam waktu yang lama sehingga Lama waktu pemasangannya pada media harus menjadi bahan pertimbangan anda. 

Pertimbangkan anggaran produksi

Faktor yang tak kalah penting harus menjadi bahan pertimbangan anda adalah biaya. Dimana ini akan sangat mempengaruhi faktor yang sebelumnya sudah dijelaskan. Misalnya Stiker HVS dan Chromo adalah salah satu jenis stiker yang memiliki harga sangat terjangkau dan bisa dikatakan paling mudah jika dibandingkan dengan yang lain. Hanya saja kekurangannya warna dari stiker cepat sekali memudar dan bahan ini tidak tahan lama jika ada di luar ruangan. Jadi jika digunakan untuk luar ruangan tidak disarankan. 

Sedangkan untuk stiker oracal dan Vinyl adalah salah satu stiker yang memiliki daya tahan yang benar-benar sangat baik dan memang dikenal sangat awet dalam penggunaannya, sehingga sangat cocok jika gunakan di luar ruangan. Hanya saja untuk biaya produksi dari stiker jenis ini memang lebih mahal dari HVS dan Chromo. Namun jika anda mempertimbangkan jangka panjang maka stiker ini sangat disarankan. Nah, sangat penting membuat anggaran yang memang sesuai dengan kebutuhan usaha anda. 

Pertimbangkan Fungsi dan Kegunaan

Faktor pertimbangan terakhir yang harus anda pikirkan adalah fungsi dan juga kegunaan dari stiker yang akan dipilih nantinya. Jika anda memiliki kebutuhan yang lebih spesifik, maka stiker scotchlite yang bisa menyala ketika terkena sinar cahaya bisa menjadi pilihan. Atau stiker One Way yang merupakan stiker bisa dilihat dari satu sisi saja. Pertimbangan spesifik fungsi dan kegunaan akan lebih memudahkan untuk anda yang ingin memilih jenis stiker yang tepat. 

Itulah beberapa pertimbangan yang saling terhubung satu dengan yang lainnya ketika akan mencari jenis stiker yang tepat. Dengan mempertimbangkan hal ini, akan lebih memudahkan untuk memilih stiker sesuai kebutuhan dengan anggaran biaya yang lebih optimal sehingga hasilnya sesuai dengan harapan.

Related Posts