Pentingnya Menyimpan Data Secara Online

by ikhsan38
data

Salah satu cara membackup data terbaik saat ini adalah dengan menyimpannya di internet. Saat ini ada banyak pilihan tempat penyimpanan data yang memberikan layanan gratis dengan kapasitas tertentu.

Yang dimaksud data dalam artikel ini adalah semua file yang bisa dibuka melalui perangkat komputer atau smartphone.

Umumnya data itu ada dalam 5 bentuk.

  1. File dokumen,  contohnya seperti, file berformat pdf, docx, pptx dst
  2. File gambar, contohnya seperti foto dengan format jpeg, png, gif dst
  3. File video, contohnya file MP4, AVI, MPEG dst
  4. File suara, contohnya MP3, WAV, AAC dst
  5. File aplikasi, contohnya file berformat APK

Jika file-file di atas disimpan dalam posisi offline (simpan di laptop, flashdisk atau hardisk eksternal), ada kemungkinan media tersebut bisa rusak atau hilang. Tetapi jika di backup ke media online, keamanan data kamu akan lebih terjaga.

Berikut ini beberapa rekomendasi media penyimpanan data online yang bisa kamu coba.

data

Google Drive

Google memberikan kapasitas ruang sebesar 15 GB gratis untuk setiap akun yang terdaftar. Kamu punya email gmail kan sob ? nah.. dengan gmail kamu bisa login ke akun google drive tanpa harus mendaftar ulang, karena google drive itu sudah satu paket dengan akun gmail.

Saya sendiri sangat menyukai google drive karena tampilan dashboardnya mirip-mirip tampilan windows explorer, simple dan mudah digunakan.

simak juga : cara menghapus foto di google

DropBox

Pilihan selanjutnya jatuh pada DropBox. Kalau kamu sering download di internet, pasti pernah ketemu sama situs ini. Banyak blogger yang menyimpan data-data penting di DropBox.

Dropbox memberikan layanan gratis sebesar 10 GB, ini lebih dari cukup kalau hanya untuk menyimpan dokumen. Selain itu dropbox juga tersedia dalam bentuk aplikasi di playstore, jadi lebih mudah kan..

MediaFire

Sama seperti dropbox, mediafire ini juga banyak digunakan blogger untuk menyimpan data dalam bentuk aplikasi atau video. Kapasitas yang bisa kamu miliki di mediafire sebesar 10 GB.

Saya sendiri sudah lama menggunakan mediafire, dan lumayan membantu dalam urusan backup data.

Jadi gimana sob.. ? diantara 3 pilihan di atas mau coba yang mana ? atau malah coba semuanya.. lumayan kan bisa dapat sekitar 35 GB.

Demikian informasi pentingnya menyimpan data secara online, selamat mencoba ya sob..

Related Posts