Tips Merawat Anak Kucing Biar Gak Mati

by ikhsan38
induk kucing menyusui

Ketika induk kucing Anda melahirkan, otomatis peliharaanmu menjadi bertambah. Dan bertambahnya bisa 2 sampai 4 tergantung jumlah anak yang induk lahirkan. Tapi itu bukan masalahannya, melainkan cara merawat anak kucing itu yang perlu Anda lakukan dengan hati hati.

Pasalnya merawat kitten dengan kucing dewasa tentu sesuatu yang berbeda. Anda harus melakukan sesuatu secara hati hati dan tidak boleh sembarangan.

Apalagi pasti kitten masih rentan terhadap segala apapun. Entah suhu udara, tekstur makanan, bahan makanan, minuman, dsb

Berikut tips merawat Anak Kucing Biar Gak Mati :

1. Biarkan kitten minum full ASI selama sekitar 1 bulan

induk kucing menyusui

Ini karena pada umur 0 sampai 4 minggu, pencernaan kucing masih sangat rentan. Sehingga jangan pernah berikan makanan lain selain Asi.

Nah pada saat anak kucing secara alami mulai tertarik sama makanan induknya, baru Anda mulai berikan yang lain selain Asi

2. Berikan susu saat usianya sudah 4 minggu ke atas

Nah saat usianya sekitar 5 mingguan. Anda boleh ngasih susu kucing buat kitten. Yang perlu diingat adalah berikan takaran yang sesuai. Berikut takaran sesuai merknya.

takaran susu anak kucing

Takaran Susu Top Growth Kitten Milk adalah satu takaran susu dicampur dua takaran air. Jadi kalau Anda menimbang susu bubuk 25 gram. Maka airnya 50 gram.

Adapun untuk takaran susu grossy milk adalah 1 sachet isi 20 gram dicampurkan dengan air hangat sebesar 40 mililiter.

Mudah bukan ? Jika Anda ingin lebih mendalami soal takaran susu anak kucing, silahkan kunjungi laman https://myhewan.com .

3. Berikan Makanan Anak Kucing Saat Usia 2 atau 4 Bulanan

makanan anak kucing

Kenapa harus 2 bulan atau 4 bulan ? karena tergantung mereknya. Misalnya whiskas buat kitten boleh diberikan saat usia kitten 2 bulan ke atas. Sedangkan semisal Royal Canin Kitten harus diatas 4 bulan.

Jadi memang beda takaran dan pedoman antara whiskas dengan royal canin.

Yang penting saat pemberian makanan buat kitten jangan full yah. Tetap dipadukan dengan pemberian susu kucing.

4. Berikan Tempat Tinggal Yang Nyaman

kandang kucing nyaman

Nah ini tak kalah penting, berikan tempat tinggal atau kandang untuk induk kucing dan anaknya yang hangat yah. Biar anak kucing tidak kedinginan. Kan Kasian kalau sampai sakit.

Yang jelas juga, jangan biarkan kitten tiduran di lantai tanpa alas, takut anak kucing jadi masuk angin.