Ayo Ikut Detox Sosial Media

by ikhsan38

Sosial media detox adalah sebuah istilah yang mulai umum disuarakan. Hal ini karena mulai muncul keresahan di masyarakat yang mulai mengalami adiksi sosial media. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dalam artikel ini akan dijelaskan segala hal tentang sosial media adiksi dan detox sosial media dan juga mengapa anda harus ikut detox sosial media.

 

Alasan seseorang mengalami kecanduan sosial media

Sederhananya otak kita dirancang untuk mencari nikmat dan menghindari kesengsaraan. Jika seseorang mengalami kenikmatan, otak akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kita merasa nikmat. Dan otak kita cenderung melakukan hal yang sama untuk memperoleh kenikmatan tersebut.

Ini sangat berguna bagi kita sebagai manusia yang belajar dari kesalahan kesalahan masa lalu. Kesengsaraan yang dialami oleh otak kita akan dinilai sebagai sesuatu hal yang berbahaya yang harus kita hindari dan kenikmatan adalah hal yang harus kita dapatkan. Oleh sebab itu kita senang makan, seks dan bersosialisasi karena itu semua memenuhi kebutuhan kita sebagai manusia. Namun kita dapat mudah memperoleh kenikmatan dengan mengakses sosial media. Dan ini menjadi masalah.

Ada banyak sekali sosial media diantaranya adalah Instagram, Facebook, Telegram, Twitter, Reddit, Tumblr, YouTube, dan lain sebagainya dan mereka mengukur keberhasilan mereka dengan seberapa lama pengguna mengakses sosial media mereka. Semakin lama seseorang dan semakin sering seseorang mengakses sosial media mereka, maka mereka berarti semakin sukses.

Jadi, sosial media merancang algoritma yang mempelajari perilaku bersosial media ada, apa yang anda like, ikuti, komentari dan segala aktivitas lainnya, itu diamati oleh algoritma. Dan algoritma nantinya akan mencarikan konten yang paling mungkin anda nikmati. Jadi anda hanya duduk dan menikmati “sajian” konten yang diberikan oleh algoritma sosial media ini. Dan inilah yang menjadi akar masalahnya, anda tidak dapat mengontrol diri sampai akhirnya mengalami kecanduan konten sosial media.

 

Alasan mengapa anda harus ikut detox sosial media

  1. Hidup anda akan semakin bebas
  2. Tidak lagi mengalami stres dan depresi
  3. Kehidupan psikis lebih sehat.

Sumber: www.pojoksosmed.com