Pilihan Cara Convert Video Youtube ke MP3 Tanpa Aplikasidi HP dan Laptop

by ikhsan38
cara convert video youtube ke mp3 tanpa aplikasi

Mendengarkan lagu-lagu terbaru kesukaan sambil mengerjakan rutinitas maupun pekerjaan sehari-hari memang menjadi kebiasaan banyak orang. Tak terkecuali Kamu yang mungkin sering mencari-cari lagu terbaru untuk didengarkan sambil bekerja atau belajar.

Nah, salah satu sumber lagu yang kini semakin banyak diandalkan pengguna internet adalah YouTube. Di situs berbagi video ini banyak artis dan musisi yang membagikan video musik terbaru mereka karena popularitas platform YouTube itu sendiri.

cara convert video youtube ke mp3 tanpa aplikasi

Gimana Dapetin File MP3 dari Video YouTube

Banyak musisi yang mengandalkan youtube untuk menjangkau lebih banyak audiens. Tak heran jika situs ini kemudian dijadikan sebagai sumber referensi oleh sebagian pengguna internet. Namun Kamu yang sekedar membutuhkan lagunya apakah harus juga mendownload videonya? Sementara kebanyakan aplikasi pemutar video tidak bisa terus bekerja di background, artinya layar ponsel akan terus menyala untuk sekedar mendengar lagu. Lantas adakah trik konversi video YouTube dibuat jadi file MP3 tapi ga butuh bantuan aplikasi?

Tenang saja, ada kok triknya. Mudah lagi…

Artinya, Kamu bisa mendapatkan file audio dari konten YouTube tersebut untuk diputar dari aplikasi pemutar musik. Menariknya lagi, Kamu juga tidak harus menginstal aplikasi tambahan untuk bisa melakukan ini. Kamu cukup menggunakan layanan aplikasi berbasis web yang bisa diakses dari aplikasi browser di smartphone maupun laptop.

Menarik kan? Begini langkah-langkahnya:

  1. Temukan video musik YouTube yang ingin Kamu download, baik itu dari aplikasi YouTube ataupun dari aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan sebagainya.
  2. Pada halaman video tersebut, copy link videonya dengan klik ikon Share di bagian bawah judul
  3. Selanjutnya, buka tab baru di aplikasi browsermu lalu masukkan https://www.flvto.biz pada kolom address bar
  4. Setelah halaman aplikasi web tersebut terbuka, silahkan Kamu paste link video YouTube yang Kamu copy sebelumnya pada kolom "Enter the link to the media"
  5. Berikutnya, ketuk "Convert to" untuk memilih opsi menjadi format MP3
  6. Aplikasi web tersebut akan mulai melakukan proses convert yang perlu Kamu tunggu hingga selesai
  7. Setelah proses tersebut rampung, Kamu bisa ketuk tombol "Download" sehingga file hasil konversi tadi mulai di download oleh browser dan disimpan ke folder Download di memori perangkat yang Kamu gunakan

Setelah file MP3 dari video YouTube tadi tersimpan di folder Download smartphone, kamu bisa memindahkannya ke folder lain seperti folder Music atau Audio agar penyimpananmu lebih rapi. Aplikasi pemutar musik yang terinstal di ponselmu akan mulai mendeteksi file baru dan menambahkan ke daftar pustaka.

Sementara bagi Kamu yang menggunakan komputer, memiliki cara yang lebih banyak lagi jika ingin mendapatkan file MP3 dari sebuah video musik di YouTube. Beberapa cara populer yang digunakan adalah menggunakan bantuan aplikasi web seperti yang dijelaskan di atas, menambahkan sufiks berupa hurup "pp" dan menggunakan bantuan add-ons pada aplikasi browser komputer.

Urutan langkah konversi video youtube ke MP3 ikuti seperti di bawah:

Untuk cara menggunakan bantuan aplikasi web, langkah yang Kamu lakukan tak jauh berbeda dari langkah yang telah dijelaskan di atas. Sementara untuk alternatif kedua yaitu dengan menambahkan "pp" yaitu dengan cara:

  1. Temukan video YouTube yang ingin didownload MP3-nya  dari aplikasi browser komputermu
  2. Pada link video tersebut, tambahkan huruf pp di URL tersebut, contoh    https://www.youtube.com/watch?v=blablabla menjadi https://www.youtubepp.com/watch?v=blablabla kemudian tekan tombol Enter
  3. Kamu akan dialihkan ke situs y2mate.com dengan tampilan thumbnail videonya
  4. Untuk mendapatkan file audionya, Kamu bisa klik tab MP3
  5. Selanjutnya klik tombol "Download" untuk memulai proses unduhan MP3
  6. Segera setelah itu, Kamu bisa mendapatkan link download file MP3 tersebut
  7. Klik tombol "Download.mp3 lalu proses unduhan akan segera berjalan

Pilihan cara lain yang juga bisa Kamu pertimbangkan adalah menggunakan add-ons pada aplikasi browser. Kamu bisa memilih add-ons sesuai dengan aplikasi browser yang Kamu gunakan di komputermu lalu menginstalnya ke browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan sebagainya. Setelah terpasang, silahkan Kamu akses YouTube dan cari video yang diinginkan.

  1. Di sebelah tombol Subscribe, akan muncul tombol "Download As" yang bisa Kamu gunakan untuk mendownload konten tersebut
  2. Klik tombol tersebut dan pilih format sesuai keinginan, misalnya MP3 (HQ 256kbps) ataupun MP3 (HQ 128kbps)
  3. Tunggu proses download hingga selesai
  4. Setelah proses unduhan selesai, file MP3 bisa Kamu temukan di folder Download

Mudah sekali bukan? Kamu mau pilih cara yang mana?

Related Posts