Ragam Hias Pada Kayu

by ikhsan38

Ragam hias merupakan ornamen, tidak hanya di kain, namun juga bisa diterapkan di material kayu. Dengan diukir maupun di lukis dengan berbagai teknik. Di indonesia sendiri ragam hias pada kayu memiliki banyak sekali motif dengan desain yang mempunyai ciri khas tersendiri setiap daerahnya.

Kayu merupakan material keras yang merupakan bahan baku untuk proses pembuatan perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, lemari dan juga lemari laci. Namun tidak semua jenis kayu bisa digunakan dan di kasih ornamen, jenis kayu yang sering digunakan adalah yang keras seperti kayu jati, kayu mahoni dan kayu  trembesi.

Motif ragam hias dalam kayu sangat banyak motifnya dari motif flora dan fauna serta cerita rakyat dan lainnya. Semua motif memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu dalam membedakan sebuah karya harus mempelajari dulu khas motif ukir dari setiap daerah.

Penerapan Ragam Hias Pada Kayu

1. Teknik Ukir

Mengukir adalah teknik dengan cara memahat kayu dengan cekungan atau cembung menonjol dengan pahat. Baik dengan motif bunga, sampai membuat patung semua sama dengan nama seni ukir. Dalam mengukir sendiri alat yang digunakan banyak jenis dan modelnya.

  • Pahat Penguku : digunakan untuk membuat lengkungan baik cekung maupun cembung dengan berbagai ukuran, karena pahat ini ada dari ukuran kecil sampai besar.
  • Pahat Penyilat : pahat ini berfungsi sebagai alat buat lurus dan datar, berukuran dari yang kecil sampai besar.
  • Pahat Kol : untuk membuat bentuk bulat maupun cekung, pahat ini juga memiliki ukuran dari kecil sampai besar
  • Pahat Coret : ini digunakan untuk membuat coretan kecil seperti motif daun dan bila ornamen hewan dibuat motif bulu.

Diatas hanya beberapa motif pahat yang sering digunakan, sebenarnya masih banyak motif lainnya bila memang benar-benar ingin diketahui dengan detail, namun disini kami hanya memberikan sedikit informasi karena keterbatasan pembahasan.

2. Teknik Lukis

Melukis adalah suatu cara untuk membuat sebuah karya gambar di tempat yang diinginkan. Teknik melukis di kayu banyak caranya seperti, teknik dengan airbrush, print dan juga dengan kuas. Hal ini banyak di jumpai di pengrajin mebel jepara sendiri.

  • Teknik Kuas : di teknik ini banyak dijumpai dengan menggambar pakai kuas di produk furniture mebel sendiri dengan desain desain flora yang cantik dengan warna-warna modern
  • Teknik Lukis Print : saat ini mebel furniture jepara banyak yang menggunakan teknik print untuk ragam hiasan di produk mebel yang anda, banyak sekali desain dan model yang bisa lihat contohnya.

Berbagai ragam hias di kayu merupakan sebuah seni, untuk itu seperti halnya furniture mebel jepara yang membuat berbagai produk dengan teknik ini seperti di toko dewamebel.com yang menjual berbagai produk furniture dengan desain dan model bervariasi. Anda sendiri bisa memesan sesuai dengan custom desain yang anda mau di perusahaan tersebut.

Ragam hias merupakan salah satu jenis kesenian yang bisa di terapkan di kayu, khusunya mebel jepara yang dari dulu membuat seni ini untuk dijual dan dipasarkan, banyak sekali dari ragam hias dengan ukiran cerita rakyat, flora dan juga patung- patung dari kayu.

Related Posts