Tidak Ribet, Berikut Cara Simple Membersihkan Kolam Ikan Sendiri

by ikhsan38

Memelihara ikan sekarang sudah menjadi kesukaan banyak orang. Akan tetapi banyak orang yang belum mengerti tentang cara membersihkan kolam ikan dengan benar. Beberapa orang justru malas membersihkan kolam karena dianggap sulit dan melelahkan. Padahal terdapat cara simple untuk membersihkan kolam. Berikut adalah cara anti ribet membersihkan kolam sendiri!

Tidak Ribet, Berikut Cara Simple Membersihkan Kolam Sendiri

1. Bersihkan Kotoran Menggunakan Jaring

Dalam langkah pertama ini anda bisa menggunakan jaring berukuran kecil,sedang atau bahkan jaring berukuran besar asalkan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kolam. Pada awalnya  membersihkan kotoran yang mengapung di permukaan air, karena pada akhirnya kotoran ini akan menyatu pada lumpur di bagian dasar kolam. Anda harus memastikan bahwa ikan tidak ikut terjaring.

2. Menggunakan Filter dan Air Mengalir

Salah satu cara untuk mencegah air kolam ikan agar tidak mudah keruh adalah dengan memastikan penggunaan air yang mengalir. Filter air mampu menahan kotoran dan memisahkan aliran air dengan kotoran yang dihasilkan ikan dan tumbuhan. Setelah itu kebersihan kolam pun akan lebih tahan lama.

3. Meminimalisir Pertumbuhan Alga dan Ganggang

Keberadaan ganggang sebenarnya memberikan manfaat sebagai tempat bersembunyinya ikan dari yang lainnya dan menciptakan makanan ringan bagi ikan. Namun pertumbuhan ganggang dan alga terkadang tidak terkendali yang menyebabkan air kolam menjadi keruh dan berwarna kehijauan.

Ganggang dapat dibasmi dengan memasang penjernih UV yang akan menyaring air. Anda dapat meminimalisir pertumbuhan alga dengan cara menambahkan lebih banyak tanaman lainnya ke kolam karena dengan hal itu tanaman baru akan berebut nutrisi dengan alga. Sisir dan sikat toilet adalah alat yang dapat digunakan untuk membersihkan akar akar alga yang berada di dalam kolam.

 

4. Membersihkan Mesin Filtrasi

Sebelum membersihkan mesin filtrasi anda harus memastikan kondisi penyaringan air yang ada telah bekerja secara maksimal. Kondisi filter yang efisien akan mengurangi kotoran yang berada di dalam kolam. Mesin di dalamnya dapat rusak secara tiba tiba sehingga harus diperhatikan kebersihannya dan menggantinya agar penyaringan yang dilakukan selalu optimal.

Nah itu adalah 4 cara simple membersihkan kolam yang dapat anda lakukan dengan mudah. Cara di atas dilakukan tanpa anda harus memindahkan ikan ke dalam bak yang berbeda terlebih dahulu. Tak hanya itu kebersihan alat yang digunakan juga wajib diperhatikan agar proses dapat berjalan maksimal.