Ketahui Keuntungan Mendirikan CV

by ikhsan38
akta cv

CV jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti persekutuan komanditer atau bisa diartikan usaha yang didirikan oleh lebih dari seorang dan tidak memiliki badan usaha seperti sebuah perseroan terbatas. Meskipun memiliki nama badan usaha dan dalam proses registrasinya nyaris serupa namun terdapat beberapa hal yang membedakan CV dan PT karena baik PT maupun CV sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

akta cv

Berikut ini beberapa keuntungan mendirikan CV:

1. Tidak perlu ada modal minimal

Modal minimal yang harus disetorkan adalah hal yang menjadi momok bagi orang yang hendak mendirikan PT. Pasalnya jumlah yang disyaratkan tidaklah sedikit. Maka dalam CV umumnya modal didapatkan dari para pendiri sebagai bagian dari modal usaha. Modal berapapun bisa digunakan untuk mendirikan CV. Oleh sebab itu CV sangat cocok untuk pengusaha yang skalanya masih kecil.

2. Dapat menentukan nama dengan lebih bebas

Meskipun terdengar sepele namun ini tidak dapat dipungkiri adalah kelebihan CV dibandingkan dengan PT. Nama PT haruslah unik dan tidak boleh sama dengan nama merek namapun sehingga menentukan nama PT lebih sulit. Selain itu PT juga mengharuskan melakukan pengambilan keputusan dalam mengubah nama dengan mengadakan rapat umum yang berisi pemegang saham perusahaan. Hal ini tidak berlaku bagi CV karena CV lebih mudah dalam pengambilan keputusan tanpa proses rapat dan dapat memilih nama dengan jauh lebih bebas.

3. Pengambilan keputusan yang lebih cepat

Tidak seperti PT yang mengharuskan untuk mengadakan dan melalui proses pengesahan melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), CV tidak berlaku aturan semacam ini. Inilah yang menjadi kelebihan CV dibandingkan dengan PT. Dengan cepatnya dalam pengambilan keputusan maka nantinya perusahaan dapat melejit dengan cepat karena tidak terlalu terdesak dengan kepentingan politik perusahaan dan birokrasi.

4. Perpajakan yang mudah

Karena CV bukan sebah badan hukum sebagaimana PT maka pengurusan pajak lebih mudah. Dalam CV pajak hanya dikenakan sebanyak sekali saja dalam setahun yang dikenal sebagai pajak laba perusahaan yang dimasukan dalam pajak non objek PPh.

 

Referensi : https://kontrakhukum.com/services/cv

Related Posts