Kaya Raya dan Manfaat Melakukan Investasi Saham

by ikhsan38

Bukan suatu hal yang rahasia lagi jika investasi saham akan membuat orang menjadi kaya di masa depan nanti. Banyak miliarder di dunia bisa menjadi kaya raya sebab melakukan investasi saham sedari lama misalnya Peter Lynch atau John Bogle.

Hal ini tentu karena adanya capital gain atau dividen yang memberi keuntungan untuk para investor saham. Tetapi bukan hanya itu saja ada banyak manfaat serta keuntungan lainnya yang dapat kamu peroleh selain bisa jadi kaya. Di bawah ini ada beberapa manfaat yang menguntungkan bila melakukan investasi saham sebagai berikut:

1.       Pikiran lebih terbuka serta wawasan yang lebih luas

Keuntungan melakukan investasi saham yang pertama ini yaitu bisa membuka pikiran sehingga wawasanmu bisa lebih luas. Ketika terjun di dunia investor meskipun baru belajar menjadi investor pemula, kamu akan mendapatkan wawasan yang luas. Ini disebabkan karena kamu akan dituntut lebih sensitif tentang informasi-informasi yang ada di dunia. Dengan cara kamu perlu membaca semua berita.

Dengan membaca dan tahu tentang berita yang ada ini bisa membuat kamu tahu tentang informasi dunia bisnis, industri dan juga politik yang dapat memicu para investor untuk melakukan pembelian saham. Untuk itu sebaiknya jangan malas membaca. Percaya atau tidak bila sudah masuk ke dunia saham membaca berikan menjadi suatu kebutuhan untuk kamu. Dan secara psikologis kamu bisa terus tahu berita sebab ingin terus melakukan analisa keadaan pasar khususnya industri dari produk instrumen saham yang kamu miliki.

2.       Muncul mental sebagai wirausaha

Hal biasa memang namun ketika kamu memutuskan membeli saham di suatu perusahaan ini berarti kamu merupakan pemilik perusahaan itu. Meskipun bukan kepemilikan namun tentu ada perasaan superior ketika tahu bila kamu mempunyai aset sebuah perusahaan.

Ketika kamu membeli saham dari suatu perusahaan, bisnis dari perusahaan itu bisa memutar uang kamu. Melakukan bisnis memang tidak selalu mulus. Ada ketika berada di atas dan ada juga saat berada di bawah. Bisa mendapatkan untung dan juga rugi. Hal ini juga akan berpengaruh dengan para investor saham. Dengan begitu kamu akan mempunyai mental wirausaha sebab telah merasakan bagaimana keuntungan dan kerugian tersebut.

3.       Dapat menjadi warisan dan juga dana pensiun

Apa kamu tahu jika saham dapat diwariskan juga. Seperti halnya dengan uang, rumah, properti dan emas. Selain itu juga memiliki saham juga bisa dijadikan sebagai simpanan untuk jadi dana pensiun. Hal ini sudah dibuktikan oleh Steve Jobs yang merupakan pendiri dari apel yang telah meninggal dunia. Istrinya yaitu Laurene Powell Jobs telah menjadi perempuan terkaya sebab telah mendapat warisan berupa saham Apple sebesar US$ 560 juta.

Terus bagaimana cara bila saham dijadikan sebagai dana pensiun? Kamu pasti sudah mengerti jika saham yang disimpan bertahun-tahun bisa menghasilkan capital gain yang sangat signifikan. Tentu ketika di hari tua nanti hal ini akan sangat berguna jika kamu hanya sekedar menabung dan bisa tergerus oleh inflasi.

4.       Saham sebagai mahar perkawinan

Memang betul kejadian ini memang masih belum banyak yang melakukannya. Namun dapat menjadi sebuah pertimbangan yang cukup menarik untuk kamu yang memiliki keinginan menikah. Tentu mas kawin yang berupa saham ini akan sangat bermanfaat di masa yang akan datang nanti. Menjadi salah satu produk investasi dalam jangka panjang instrumen ini juga bisa terus tumbuh dengan semakin berjalannya waktu.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari melakukan investasi saham. Memang benar melakukan investasi saham bukan hanya bisa membuat kita lebih kaya namun juga bisa membuat diri kita bisa lebih berkembang. Baik secara mental maupun pola pikir atau psikologis kita. Ayo mulai sekarang mumpung masih muda lakukan investasi menabung saham dan jangan menunda lagi.

Related Posts