Jenis-jenis Padi

by ikhsan38

Padi merupakan salah satu bahan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Dalam proses pembudidayaan padi terbilang sangat mudah, jadi siapa saja bisa melakukannya. Untuk lebih lanjut, Anda perlu mengetahui jenis-jenis padi.

Berbagai Macam Jenis-jenis Padi

Sebelum membudidayakan tanaman padi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis-jenisnya terlebih dahulu. Ada banyak jenis padi berdasarkan varietasnya, seperti apa yang disebutkan seperti di bawah ini.

Varietas Hibrida

Varietas hibrida merupakan varietas pada padi sekali tanam. Adapun kelebihannya ialah potensi hasil yang sangat maksimal. Biasanya hasil panennya bisa mencapai 2x lipat dari padi jenis lokal. Apalagi butiran padinya tampak lebih bagus dan juga kualitas nasinya pulen dan wangi. Namun, ada kelemahan dalam padi varietas hibrida ini seperti kualitas hasilnya berkurang jauh jika berasal dari tanaman turunan. Itu artinya, padi harus dari bibit original atau aslinya agar nasinya berkualitas tinggi.

Varietas Unggul

Pada jenis varietas ini berada pada satu tingkat di bawah varietas hibrida. Untuk varietas ini bisa ditanam berkali-kali. Artinya, hasil panennya dari varietas ini masih dapat dijadikan menjadi benih. Harga benihnya pun tak semahal hibrida. Hasil produksi dari varietas padi unggulnya pun dapat dikatakan sangat baik bahkan bisa mencapai 8-10 ton per hektarnya. Varietas padi unggul pun dapat dikembangkan serta dirilis oleh pihak pemerintahan seperti halnya inpari 34 dan 35.

Varietas Lokal

Varietas padi lokal biasanya hanya cocok ditanam pada daerah tertentu saja, dikarenakan membutuhkan spesifikasi yang khusus untuk dapat memproduksi padi serta tumbuhnya. Contohnya saja pada padi marong.

Untuk produk padi lokal ini biasanya dapat menghasilkan sekitar tujuh sampai delapan ton per hektarnya. Berbicara soal rasa berasnya, banyak masyarakat mengatakan kurang enak. Beberapa jenis padi lokal diantaranya, gropak, indramayu, sri mulih, andel jaran.

Begitulah penjelasan yang bisa didapatkan dari jenis-jenis padi dan beberapa kriteria yang terdapat dari padi yang dihasilkan tersebut. Dari artikel di atas dari Anda dapat membedakan mana yang menghasilkan kualitas baik dan mana yang tidak.

Kunjungi : https://www.tanam.co.id/