Fungsi Serabut Kelapa untuk Tanaman dan Tanah agar Subur

by ikhsan38

Sabut kelapa merupakan bagian dari mesokarp yang berupa serabut kelapa kasar. Sabut biasanya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau kering. Sebagian besar penggunaannya untuk kayu bakar.

Fungsi Sabut Kelapa bagi Tanaman

1 . Sebagai Media Tanam

Yang jelas, sabut kelapa dapat dijadikan media tanam. Yaitu dengan mengolah bagian sabut dari kulit kelapa dan menggunakannya langsung sebagai bahan tanam. Ada tumbuhan yang membutuhkan sejenis media tanam khusus, supaya menyerupai atau menyerupai habitat aslinya. Contohnya adalah tanaman anggrek.

2. Cocopeat

Sabut kelapa dapat diolah menjadi cocopeat. Cocopeat merupakan sabut kelapa yang dihaluskan menjadi lebih lembut. Serat dalam sabut kelapa diuraikan dan diubah menjadi ukuran yang sangat lembut memakai mesin pengurai sabut kelapa. Dengan ukuran yang lebih kecil, cocopeat menjadi jauh lebih fleksibel untuk mengisi pot ataupun media tanam.

Sehingga media tanam menjadi jauh lebih padat, alhasil kemampuan menyimpan airnya lebih baik, namun tetap mempunyai porositas yang baik. Sehingga udara dapat masuk dan berdifusi di dalam media. Oksigen yang banyak dalam media akan membantu akar dalam menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Cocopeat cukup sering digunakan pada media tanam hidroponik. Meskipun, itu juga dapat digunakan untuk selain sistem tanam hidroponik. Namun dengan sifatnya yang keropos, cocopeat akan membuat tanaman tumbuh lebih baik karena oksigen akan banyak berdifusi di cocopeat dan akar pun bisa tumbuh lebih leluasa.

 

3. Sebagai Pupuk Organik

Manfaat sabut kelapa untuk tanaman adalah dapat digunakan sebagai pupuk organik. Lebih dikhususkan lagi sebagai sumber kalium organik. Ini karena sabut kelapa mengandung potasium dalam jumlah yang cukup. Seperti poin yang ada diatas.

Disebut sebagai sumber kalium organik karena di antara unsur-unsur lain di dalamnya, kalium adalah yang tertinggi. Pupuk organik dari sabut kelapa dapat berupa abu sabut kelapa atau sejenis pupuk organik cair.

Dalam bentuk abu, sabut kelapa akan dibakar terlebih dahulu. Lebih mudah serta cepat dalam prosesnya. Kemudian abu tersebut dicampurkan ke dalam media tanam dengan jumlah yang direncanakan.

Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanah

Selain bermanfaat untuk tanaman sabut kelapa, juga memiliki manfaat untuk tanah.

1. PH Tanah

Tidak seperti lumut gambut yang bersifat sangat asam, serabut kelapa memiliki tingkat pH yang netral. Sebagian besar sayur-sayuran dan bunga taman hidup paling baik pada kondisi netral dan sedikit basa.

Saat Anda menggunakan gambut untuk mengganti bedeng kebun, penambahan kapur pertanian seringkali dibutuhkan dalam memerangi keasaman yang lebih besar. Dengan sabut kelapa, kapur tidak dibutuhkan kecuali tanah secara alami mempunyai tingkat pH yang lebih tinggi.

2. Drainase

Sabut kelapa bisa meningkatkan drainase tanah pada tumbuhan sekaligus membantu menjaga kelembaban di tanah yang cepat tandus. Karena sabut terurai dengan perlahan, seperti tanah gambut, sabut menciptakan kantong berisi udara di dalam tanah dan memungkinkan kelembaban berlebih dapat mengalir dari akar tanaman.

3. Meningkatkan Kualitas Tanah

Sabut kelapa juga bekerja dalam meningkatkan kualitas tanah secara menyeluruh dari waktu ke waktu dikarenakan menambahkan bahan organik yang sangat diperlukan. Perubahan sabut tahunan bisa menghasilkan tanah gembur yang termasuk kualitas tanah yang digemari untuk sebagian besar tanaman kebun.

 

Selain manfaat-manfaat di atas kalian juga bisa memanfaatkan sabut kelapa untuk membuat tali dengan menggunakan mesin pemintal sabut kelapa. Itulah pembahasan artikel kali ini tentang fungsi serabut kelapa untuk tanaman dan tanah.

Related Posts