8 Tanaman Paling Unik & Langka di Dunia Yang Keunikannya Sangat Membuat Kagum

by ikhsan38

Dunia ini kaya akan flora yang beraneka ragam macam dan bentuknya yang begitu indah dipandang oleh mata. Mas Budi dari tipsbudidaya.com berpendapat bahwa ada beberapa tumbuhan-tumbuhan yang sangat langka untuk ditemukan karena ada beberapa hal, yaitu contohnya, bagian tanaman yang sangat dicari untuk digunakan sebagai obat, atau karena faktor lingkungan sehingga hanya tumbuhan-tumbuhan tertentu yang dapat hidup di lingkungan tertentu, atau tumbuhan tersebut memiliki bentuk dan warna yang sangat unik atau jarang ditemukan sehingga banyak dicari oleh orang menjadi tanaman hias sehingga tanaman itu menjadi langka dan sulit untuk ditemukan. Berikut beberapa tumbuhan yang sangat langka di dunia 

1.  Welwitschia mirabilis

Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang sangat tangguh di dunia. Walaupun tumbuhan ini memiliki 2 daun dan dengan bentuk yang sederhana, dan yang menakjubkan ternyata tumbuhan yang sangat sederhana ini dapat bertahan 5 tahun tanpa adanya hujan dan dapat hidup 400 tahun bahkan sampai 1,5 abad.

Tanaman ini sudah ada sejak dari zaman purba dan sampai sekarang tumbuh di daerah kecil sekitaran wilayah pantai samudra Atlantik. Uniknya dari tanaman ini, walaupun hidup di wilayah gurun, dia memiliki daun yang lebar. Dan daun inilah yang akan terus bertumbuh dari awal sampai sepanjang hidupnya.

2. Tanaman karnivora venus flytrap (Dionaea muscipula)

Tanaman paling langka di dunia selanjutnya yaitu, Tanaman karnivora venus flytrap. Tanaman ini dapat memakan serangga atau hewan-hewan yang hinggap pada kelopak bunga pada tanaman ini, karena tanaman ini memiliki bulu-bulu halus yang sensitif sekali pada sentuhan. Ketika ada yang menyentuh bulunya, daunnya akan menutup dan membunuh hewan tersebut dengan cara menjepitkan dengan kuat hewan yang terperangkap di kelopak tanaman ini. Di daerah Carolina Utara dan Selatan tumbuhan ini merupakan tumbuhan endemik.

3. Rafflesia Arnoldii

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman ini? Yaa, Rafflesia Arnoldi, merupakan bunga terbesar di dunia yang mempunyai bobot mencapai 12 kg. Bunga ini hanya dapat ditemukan di Indonesia. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun dan akar, sehingga ketika hendak melakukan fotosintesis tanaman ini mendapatkan nutrisi dari pohon inangnya. Tumbuhan ini memiliki diameter bunga lebih dari 100 cm.

4. Bunga bangkai

Banyak orang yang mengira bahwa bunga bangkai dan rafflesia itu mempunyai spesies sama. Ternyata tidak, walaupun sama-sama mempunyai bau bangkai yang menyengat, mereka mempunyai perbedaan. Tanaman bunga bangkai ini pada bagian luarnya berwarna karena dan pada bagian yang menjulangnya. Dan berwarna merah keunguan pada mahkotanya.

Ketika dilihat dengan sekilas saat mekar, tumbuhan ini mirip seperti bunga terompet. Dan ketinggian bunga bangkai ini mencapai 4 m dengan berdiameter 1.5 m.

5. Tanaman menari (desmodium gyran)

Tanaman menari, merupakan salah satu tanaman yang paling langka di dunia. Selain namanya yang cukup unik, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan tanaman semaphore, karena jika tertiup angin, daunnya akan bergerak seperti sedang menari-nari. Tanaman ini dapat bergerak dengan cepat karena tanaman ini berjenis tanaman semak tropis Asia.

Tanaman ini hanya dapat ditemukan di beberapa negara yang ada di Asia seperti, Indonesia, Laos, Nepal. Vietnam, Thailand, Taiwan, Pakistan, Sri Lanka, Myanmar, Malaysia, Bhutan, Bangladesh, China, Kamboja.

6. Pohon dinamit (Hura brasiliensis)

Selanjutnya ada pohon dinamit yang memiliki nama lain Hura brasiliensis. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari hutan Amazon di Amerika Selatan. Pohon ini juga memiliki banyak julukan seperti, pohon neraka, pohon kotak pasir (sandbox tree), ada juga yang menyebutnya pohon dinamit. Pada bagian permukaan batang pohonnya seluruhnya ditumbuhi dengan duri-duri tajam yang beracun.

Tanaman ini memiliki tinggi yang dapat mencapai 30 meter. Tanaman ini juga memiliki getah yang beracun yang biasanya dimanfaatkan untuk berburu dan batangnya juga digunakan untuk membuat furniture. Ketika pohon ini berbuah dan matang, buahnya akan meledak dan ledakannya dapat berjarak 100 m yang dapat melukai orang atau binatang yang lewat.

7. Bunga Jericho

Bunga Jericho yang biasa disebut dengan bunga kebangkitan ini merupakan tanaman unik yang hidup di gurun pasir atau biasa disebut dengan tanaman gurun. Tanaman ini memiliki kemampuan yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering dan bahwan ketika diawetkan dengan pengeringan sekalipun. Pada saat cuaca kering batangnya akan mengkerut dan menggulungnya menjadi bola kecil. Ketika ada air batangnya akan terurai dan tidak menggulung lg ketika diekspos ke lingkungan yang lembab. Tanaman ini berasal dari gurun Chihuahua.

8. Tanaman bola baseball (Euphorbia obesa)

Euphorbia obesa merupakan tanaman endemik yang berasal dari daerah gurun di Karoo Afrika. Tanaman ini memiliki bentuk seperti bola dan banyak orang yang mengambilnya sebagai koleksi. Dan sampai saat ini keberadaannya hampir terancam punah. Sehingga pemerintahan Afrika membuat kebijakan bahwa tanaman ini adalah tanaman yang dilindungi.

Tanaman ini ketika muda mempunyai diameter 6 cm dan tanaman yang tua mempunyai diameter 15 cm. Tanaman ini berbentuk bulat ketika muda dan berbentuk silinder ketika tua.